Kamis, 21 Juni 2012

Tentang Dunia IT

Dunia IT merupakan dunia yang menjanjikan di masa ini. Hampir seluruh bidang kehidupan menggunakan IT. Di bidang pendidikan, bisnis, kesehatan, militer, hingga pemerintahan telah menggunakan proses komputerisasi. Berbagai aspek kehidupan pun mengalami digitalisasi. Yang tadinya manual kini telah dapat dilakukan dengan teknologi digital.
Menanggapi perkembangan teknologi yang kian pesat, tentu saja dibutuhkan pula tenaga-tenaga IT yang ahli di bidangnya. Untuk dapat menentukan profesi IT apa yang ingin kita jalani, tentu saja kita harus mengetahui tugas-tugas dari setiap profesi tersebut.
Berikut ini beberapa profesi IT beserta tugas yang harus dikerjakan saat menjalankan profesi tersebut :
1. Programmer
Merancang, membuat program. Seorang programmer dituntut tidak hanya mampu membuat program yang bagus, tetapi juga mampu menghasilkan program yang efisien, mampu memanajemen memori untuk programnya, dan mampu mengembangkan programnya jika sewaktu-waktu diperlukan.
2. Analyst / System Analyst
Menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi system,
Bidang pekerjaan yang melakukan analisis dan desain terhadap sebuah sistem sebelum dilakukan implementasi atau pemrograman lebih lanjut. Analisis dan desain merupakan kunci awal untuk keberhasilan sebuah proyek-proyek berbasis komputer. Jenis pekerjaan ini juga memiliki 3 tingkatan seperti halnya pada programmer.
3. Web Designer
Mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut
4. Software Engineer
Profesi ini bertugas untuk mengembangkan software, karena itu dibutuhkan orang yang memiliki keterampilan dalam mendesain aplikasi, mampu memenuhi spesifikasi yang diinginkan klien, terbiasa dengan pengembangan software “life cycles”, dan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
5. IT Executive
Bertugas memelihara kecukupan, standard, dan kesiapan system atau infrastruktur untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien. Selain itu bertugas untuk menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.
6. IT Administrator
Menyediakan implementasi dan administrasi meliputi LAN, WAN, dan koneksi dial-up, firewall, Proxy serta pendukung teknisnya.
7. Network Administrator
Mengurusi dan mengoperasi jaringan LAN maupun WAN, manajemen system serta dukungan terhadap perangkat kerasnya.
8. Database Administrator
Bertugas mengurus administrasi dan pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian system database.
9. System Engineer
Menyediakan rancangan system dan konsultasi terhadap pelanggan, memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT administrator.
10. Network Support Engineer
Bertugas melaksanakan komunikasi dan analisa system networking, mendesain perencanaan untuk integrasi, mendukung jaringan pada internet, intranet dan extranet, serta mampu menganalisa dan turut dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN.
11. Helpdesk Analyst
Mengontrol atau memantau permasalahan troubleshoot melalui email / telephone dengan cara mengambil alih kendali para pemakai via LAN / WAN koneksi.
Selain itu, penyandang profesi ini harus mampu melakukan perencanaan, mengkoordinir dan mendukung proses bisnis, system dan end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
12. ERP Consultant
Bertanggung jawab memberikan nasehat teknis ataupun fungsional pada implementasi solusi ERP dan diharapkan memiliki beberapa pengetahuan tertentu dalam memetakan proses.
13. Account Manager
Bertanggung jawab untuk kemajuan penjualan produk atau solusi serta target pendapatan.
14. Business Development Manager
Pelaku profesi ini diharapkan memiliki kemampuan untuk mengetahui kebutuhan akan pelanggan , memiliki ketajaman yang diperlukan dalam dan menguntungkan bisnis, serta memiliki kemampuan luas untuk menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep teknologi.
15. IT Manager
Bertugas mengatur kelancaran dari system IT, menangani troubleshooting dan membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT.
16. Project Manager
Melakukan perencanaan, pengarahan dan sebagai pelaksana aktivitas manajemen proyek pada suatu divisi / area.
Selain itu, profesi ini juga bertugas memonitor progress terhadap jadwal dan anggaran proyek serta membantu mengalokasikan sumber daya sesuai dengan hasil proyek yang harus diselesaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar